IDUL ADHA DI SMPN 1 KERTEK

By | October 1, 2016

dsc_9453

Setiap kita adalah “IBRAHIM” dan setiap Ibrahim punya ”ISMAIL”.

Ismailmu mungkin “HARTAMU”, Ismailmu mungkin “JABATANMU”, Ismailmu mungkin “EGOMU”.

Ismailmu adalah sesuatu yang kau “SAYANGI” dan kau “PERTAHANKAN” di dunia ini …

Ibrahim tidak diperintah Allah untuk membunuh Ismail, Ibrahim hanya diminta Allah SWT untuk membunuh rasa “KEPEMILIKAN” terhadap ismail karena pada hakikatnya seluruh kepemilikan adalah milik Allah. Semoga Allah menganugrahkan keshalihan Nabi Ibrahim dan Keikhlashan Nabi Ismail kepada kita semua, agar bisa mewujudkan dan mengamalkannya dalam kehiidupan sehari-hari.

SMPN 1 Kertek pada tahun 2016 melaksanakan agenda tahunan yaitu penyembelihan dan penyaluran hewan kurban. Tujuan dilaksanakannya kurban agar siswa dapat memaknai arti kurban yang sebenarnya dalam kehidupan yaitu rasa cinta kasih kepada sesama dan berbagi.

Selain itu, Sekolah juga mengajarkan arti gotong-royong dalam proses berkurban, baik dari memotong daging hingga pembagian darging kepada yang berhak menerimanya. Pelaksanaan kurban dilakukan sebagai pembelajaran sejak dini kepada siswa agar dapat berlatih mulai dari pembelian, pemotongan, pengulitan, tetelan, cuci jeroan, hingga pendistribusian.

001-qurban-2016-33 001-qurban-2016-62 001-qurban-2016-42 001-qurban-2016-52

Pelaksanaan kurban di SMPN 1 Kertek 60 persen dilakukan oleh siswa, sedangkan 40 pesen dilakukan oleh guru pendamping, bahkan penyembelihan dilakukan langsung oleh bapak kepala sekolah.

001-qurban-2016-7 001-qurban-2016-14

Siswa menyaksikan proses penyembelihan hal ini sejalan dengan materi yang ada pada kelas 9 semester 1 dalam KD penyembelhan hewan yang meliputi hewan yang disembelih harus halal dan masih hidup, Orang yang menyembelih adalah orang islam dan diawali dengan menyebut nama Allah SWT, Menggunakan alat yang tajam selain gigi, tulang dan kuku, dan berlaku baik tidak menyiksa hewan yang disembelih.

Pada pelaksanaan kurban ini dana yang digunakan berasal dari komite sekolah, demikian Bapak Ibu guru karyawan juga melakukan iuran kurban.

001-qurban-2016-45 001-qurban-2016-22

Setelah dipotong dan dikuliti, tahap selanjutnya ditaning selanjutnya dibagi kepada kelompok pembelajar dan yang berhak menerimanya

001-qurban-2016-66

Walau secara hukum ini belum memenuhi syarat, namun semoga bisa menjadikan latihan siswa agar kelak dimasyarakat terbiasa mengeluarkan kurban, menangani atau mungkin ada yang kelak berprofesi yang berkaiatan dengan hewan kurban. Semoga Allah menerima niatan baik ini. Aamiin. (pis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *